1.
|
Fisika
|
|
|
-
Mengukur
besaran-besaran pokok dan turunannya
-
Menerapkan
analisis dimensional dan vektor untuk membantu menyelesaikan persoalan fisika
-
Menerapkan
hukum Newton untuk gerak lurus berubah beraturan
-
Menghitung
gerak translasi dan rotasi
-
Menghitung
keseimbangan benda tegar
-
Menerapkan
hubungan impuls dan momentum dalam perhitungan
-
Menyelesaikan
persoalan tumbukan
-
Menghitung
usaha, energi dan daya
-
Menentukan
kekuatan bahan
-
Menerapkan
hukum-hukum fluida statik dan dinamik dalam kehidupan sehari–hari
-
Menguasai
pengaruh kalor terhadap zat
-
Melakukan
perhitungan yang berkaitan dengan suhu dan kalor
-
Melakukan
perhitungan berdasarkan hukum termodinamika untuk berbagai proses
-
Menerapkan
konsep gelombang dalam kegidupan sehari–hari dan teknologi
-
Menguasai
hukum kelistrikan arus searah
-
Menguasai
hubungan antara tegangan, hambatan, dan arus
-
Menghitung
daya dan energi listrik arus searah
-
Menguasai
hokum-hukum kemagnetan dan melakukan perhitungan sederhana
-
Menguasai
hukum kelistrikan arus bolak-balik
-
Menguasai
hubungan antara tegangan, impedansi, dan arus listrik bolak-balik
-
Menghitung
daya dan energi listrik arus bolak-balik
-
Menggunakan
hukum pemantulan dan pembiasan cahaya
|
-
Memahami
konsep gerak sebuah benda titik melalui besaran-besaran fisika yang terkait
-
Memahami
gerak lurus dengan kecepatan tetap dan gerak lurus dengan percepatan tetap
-
Memahami
gerak melingkar dengan laju tetap dan gerak melingkar dengan percepatan sudut
tetap
-
Menggambarkan
gerak dalam grafik
-
Memahami
hukum Newton dan konsep gaya
-
Memahami
konsep gerak translasi dan rotasi
-
Memahami
konsep keseimbangan benda tegar
-
Memahami
konsep impuls dan hukum kekekalan momentum
-
Memahami
konsep usaha, energi dan daya
-
Memahami
hukum kekekalan energi
-
Memahami
konsep elastisitas bahan
-
Menguasai
hukum Hooke
-
Memahami
hukum-hukum yang berhubungan dengan fluida statik dan dinamik
-
Memahami
konsep suhu dan kalor
-
Mengenal
cara perpindahan kalor
-
Mendeskripsikan
sifat–sifat gas ideal dan persamaan keadaan gas
-
Memahami
hukum-hukum termodinamika
-
Memahami
konsep dan prinsip–prinsip gejala gelombang secara umum
-
Membedakan
jenis-jenis gelombang
-
Membedakan
konsep listrik statis dan dinamis
-
Menjelaskan
penerapan listrik statis dan dinamis
-
Mengenal
gejala kemagnetan
-
Mengenal
penggunaan magnet dan elektromagnet dalam teknologi
-
Memahami
ciri–ciri cermin dan lensa
-
Mengenal
penggunaan alat–alat optik dalam kehidupan sehari–hari dan teknologi
-
Mengenal
teori relativitas khusus Einstein dan penerapannya
-
Mendeskripsikan
gejala-gejala fisis yang mendorong timbulnya konsep-konsep kuantum
-
Memahami
perkembangan teori atom
-
Mengenal
inti atom dan gejala radioaktivias
-
Memahami
penggunaan radioaktivitas dalam kehidupan sehari–hari
|
2.
|
Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH)
|
|
|
-
Melaksanakan
prosedur K3
-
Menerapkan
konsep lingkungan hidup
-
Menerapkan
pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K)
|
- Mendeskripsikan keselamatan dan kesehatan kerja (K3)
|
3.
|
Sistem
Komputer
|
|
|
-
Menuliskan sistem bilangan dalam bidang komputer (Desimal, Biner,
Oktal, Heksadesimal)
-
Mengkonfigurasi Bilangan (Desimal, Biner, Octal, Heksadesimal)
-
Menggambarkan gerbang logika dasar
-
Menyederhanakan rangkaian logika dasar
-
Menerapkan operasi penjumlahan dan pengurangan
-
Merangkai rangkaian multiplexer, Flip Flop dan Counter
-
Menguji rangkaian multiplexer, Flip Flop dan Counter
-
Melakukan operasi
penjumlah setengah (half Adder)
-
Melakukan operasi
penjumlah penuh (Full Adder)
-
Melakukan operasi
Penjumlah dan Pengurang (Ripple Carry Adder)
-
Menggambarkan struktur mesin Von Neumann
-
Menggambarkan struktur interkoneksi komputer
-
Mengambarkan sistem bus pada sistem komputer
-
Menggambarkan minimal sistem komputer
-
Menggambarkan hirarki memory
-
Menggambarkan prinsip kerja metode penyimpanan pada media magnetik
-
Menggambarkan alur/proses Interrupt control Intel 8259A, 8255A dan DMA
-
Menuliskan jenis Operand dan Operasi dalam bahasa mesin
-
Menggambarkan organisasi processor dan register
-
Membuat listing program untuk membaca dan menulis data CPU - Memory
-
Membuat listing program untuk membaca dan menulis data CPU - I/O
|
-
Menjelaskan fungsi sistem bilangan pada komputer
-
Menjelaskan cara mengkonversi bilangan (Desimal, Biner, Octal,
Heksadesimal)
-
Menjelaskan logika Gerbang Dasar (AND, OR dan NOT).
-
Menjelaskan logika Gerbang Kombinasi (NOR, NAND)
-
Menjelaskan operasi Aritmatika
-
Menjelaskan operasi Penjumlahan dan pengurangan
- Memahami prinsip
kerja multiplexer.
- Memahami prinsip
kerja flip-flop
- Memahami aplikasi
flip-flop pada rangkaian logika
- Memahami macam-macam counter
-
Memahami pemakaian
memori dalam suatu sistem mikrokomputer
-
Memahami perbedaan
antara Statis dan Dinamis RAM
-
Menjelaskan sistem
Arithmatic Logic Unit (ALU)
- Memahami prinsip
kerja penjumlah setengah (Half Adder) dan penjumlah penuh (Full Adder)
-
Menjelaskan konsep organisasi dan arsitektur komputer
-
Menjelaskan komponen-komponen Komputer
-
Menjelaskan sistem Interkoneksi bus
-
Menjelaskan sistem hirarki memori
-
Menjelaskan berbagai media penyimpanan
-
Menjelaskan prinsip kerja IDE, SCSI dan RAID
-
Menjelaskan modul-modul I/O
-
Menjelaskan Interupt Control Intel 8259A, 8255A dan DMA
-
Menjelaskan
Organisasi Prosesor dan register
-
Menjelaskan Siklus
Instruksi
-
Memanipulasi data
dari Register ke Memory dan sebaliknya
-
Memanipulasi data
dari Memory ke I/O dan sebaliknya
-
Memanipulasi data
dari Register ke I/O dan sebaliknya
|
4.
|
Perakitan
Komputer
|
|
|
-
Menentukan
spesifikasi komponen komputer personal
-
Membuat
peta tata letak komponen
-
Mengurutkan
langkah-langkah perakitan komputer
-
Memasang
komponen komputer
-
Mengkonfigurasi
BIOS sesuai kebutuhan
-
Menguji
komputer yang telah dirakit menggunakan BIOS Setup
-
Menyambung
beberapa jenis periferal yang berbeda menggunakan software
|
-
Menjelaskan
perangkat keras komputer
- Menjelaskan langkah langkah-langkah instalasi sesuai
buku panduan instalasi
|
5.
|
Sistem
Operasi
|
|
|
-
Menunjukkan macam-macam sistem operasi berbasis GUI
-
Melakukan instalasi sistem operasi dengan metode Clean Install
-
Melakukan instalasi sistem operasi dengan metode Upgrade
-
Melakukan instalasi sistem operasi dengan metode Multibooting
-
Melakukan instalasi sistem operasi dengan metode Virtualisasi
-
Melakukan Instalasi
sistem Operasi berbasis GUI
-
Mengoperasikan sistem
operasi berbasis GUI
-
Melakukan Instalasi
driver Motherboard (disk
drive, DVD/CD ROM drives, Keyboard, Mouse, Processor, Sound Card, Video game
controller, VGA, NIC, USB)
-
Melakukan konfigurasi Kartu Jaringan
-
Melakukan pengujian konektifitas jaringan, misalnya
menggunakan perintah Ping
-
Melakukan Instalasi
Software Aplikasi
-
Menggunakan software
Aplikasi
-
Melakukan instalasi
software utility (partition magic, antivirus)
-
Melakukan update
Antivirus
- Mengidentifikasi
peripheral komputer
- Menghubungkan
peripheral dengan komputer menggunakan media yang sesuai
- Melakukan
instalasi driver
- Menyiapkan bahan
uji kelengkapan peripheral (misalnya kertas, tinta, modem, kartu model)
-
Mengujia peripheral yang terlah
tersambung ke komputer
|
-
Menjelaskan pengertian dan fungsi Sistem Operasi
-
Menjelaskan struktur sistem
operasi
-
Menjelaskan macam-macam sistem operasi berbasis GUI
-
Menjelaskan macam-macam sistem operasi berbasis Text
-
Menjelaskan jenis-jenis metode instalasi sistem operasi
-
Menjelaskan Metode instalasi sistem operasi ”Clean Install”
-
Menjelaskan Metode instalasi sistem operasi ”Upgrade”
-
Menjelaskan metode ”Multibooting”
-
Menjelaskan metode ”Virtualisasi”
-
Menjelaskan
langkah-langkah instalasi sistem operasi berbasis GUI
-
Menjelaskan
langkah-langkah instalasi driver
-
Menjelaskan
langkah-langkah enginstalasi driver Motherboard (disk drive,
DVD/CD ROM drives, Keyboard, Mouse, Processor, Sound Card, Video game
controller, USB)
-
Menjelaskan
langkah-langkah mengkonfigurasi IP pada Kartu jaringan
-
Menjelaskan cara
menguji konekstifitas jaringan
-
Menjelaskan
langkah-langkah instalasi software
aplikasi,
-
Menjelaskan cara
menginstalasi software Aplikasi
-
Menjelaskan cara
menggunakan software aplikasi
-
Menjelaskan
langkah-langkah instalasi software
utility (partition magic, antivirus)
-
Menjelaskan langkah-langkah
menginstalasi software utility (antivirus)
-
Menjelaskan
langkah-langkah mengupdate antivirus
- Menjelaskan
tentang peripheral komputer
- Menjelaskan cara
menghubungkan peripheral dengan komputer
- Menjelaskan fungsi
driver pada peripheral
- Menjelaskan cara
menginstal driver
- Menjelaskan
kelengkapan peripheral.
- Menjelaskan cara
menguji peripheral yang telah diinstall
|
6.
|
Pengelolaan
Informasi
|
|
|
-
Mengenali
menu serta tombol shortcut perangkat lunak pengolah kata
-
Menggunakan
fitur-fitur pengelolaan dokumen perangkat lunak pengolah kata
-
Melakukan
editing sederhana terhadap dokumen (mengetik dan memformat huruf, penjajaran
teks, penomoran, penggunaan kolom)
-
Menggunakan
fitur isian berulang (header, footer, page numbering)
-
Melakukan
editing tingkat lanjut (menyisipkan gambar, tabel, mail merge)
-
Mencetak
dokumen dengan parameter standar
-
Mengenali
menu serta tombol shortcut perangkat lunak lembar sebar
-
Menggunakan
fitur-fitur pengelolaan dokumen perangkat lunak lembar sebar
-
Melakukan
editing lembar kerja (mengubah, menghapus, menambah, memindah isi sel)
-
Mengatur
format tampilan teks dan angka
-
Melakukan
operasi aritmatika (penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian)
-
Melakukan
operasi logika (if, if bertingkat)
-
Menggunakan
rumus dan fungsi tingkat lanjut (vlookup, hlookup)
-
Membuat
grafik dari tabel data
-
Mencetak
lembar kerja
-
Mengenali
menu serta tombol shortcut perangkat lunak presentasi
-
Menggunakan
fitur-fitur pengelolaan dokumen perangkat lunak presentasi
-
Membuat
dan mengubah lay out dan isian standar berulang melalui slide master
-
Membuat
presentasi teks dengan variasi tabel, grafik, gambar dan diagram
-
Membuat
presentasi teks dengan variasi audio dan audio
-
Memberi
efek animasi pada tampilan slide presentasi
-
Mencetak
dokumen presentasi sebagai slide dan handout
-
Mengenali
menu serta tombol shortcut web browser
-
Menemukan
informasi menggunakan search engine
-
Melakukan
komunikasi menggunakan email
-
Mengenali
menu serta tombol shortcut perangkat lunak aplikasi grafis
-
Membuat
grafis dengan berbagai variasi warna, bentuk dan ukuran
|
-
Menjelaskan
jenis dan fungsi perangkat lunak pengolah kata
-
Menjelaskan
jenis dan fungsi perangkat lunak lembar sebar
-
Menjelaskan
pemanfaatan dan fungsi program presentasi sebagai alat bantu yang efektif
-
Menjelaskan
konsep dasar web browser
-
Memahami
alamat web dan hyperlink
-
Menjelaskan
email dan etika berkomunikasi menggunakan email
-
Menjelaskan
pengertian grafis berbasis bitmap dan grafis berbasis vektor
|
7.
|
Jaringan
Dasar
|
|
|
-
Menerapkan
media jaringan
-
Membuat
desain jaringan
-
Melakukan
instalasi perangkat jaringan lokal
-
Mendiagnosa
permasalahan pengoperasian PC yang tersambung pada jaringan lokal
-
Melakukan
perbaikan koneksi jaringan
-
Melakukan
setting ulang koneksi jaringan
-
Melakukan
pengaturan traffic bandwidth pada jaringan
|
- Menjelaskan
konsep jaringan komputer
- Menjelaskan
protokol jaringan
- Menjelaskan
piranti jaringan
-
Menjelaskan topologi jaringan
|
8.
|
Pemrograman
Dasar
|
|
|
-
Menerapkan
algoritma dalam menulis bahasa pemograman
-
Menginstalasi
bahasa pemrograman
-
Menulis
bahasa pemrograman sesuai struktur program
-
Mengoperasikan
variabel dengan jenis-jenis operator yang ada
-
Memecahkan
permasalahan dengan algoritma pengambilan keputusan
-
Memecahkan
masalah dengan algoritma pengulangan proses
-
Menerapkan
fungsi dalam pemrograman yang tersruktur
-
Menerapkan
penggunaan array berdimensi satu, dua dan berdimensi banyak
-
Menerapkan
operasi-operasi String dalam menyelesaikan masalah
-
Menggunakan
pointer dalam memanipulasi data
|
-
Menjelaskan
algoritma dalam pemrograman
-
Menjelaskanproses
kompilasi dan linking
-
Menjelaskan
penggunaan tipe data dalam pemrograman
-
Menjelaskan
algoritma pengambilan keputusan
-
Menjelaskan
algoritma pengulangan data
-
Memahamkan
proses pembuatan fungsi
-
Memahamkan
konsep array dalam penyimpanan di memori
-
Memahamkan
tipe data String dan operasinya
-
Menjelaskan
konsep pointer
|
9.
|
Pemrograman
Web
|
|
|
-
Menerapkan
elemen-elemen dasar HTML untuk memformat halaman web
-
Menerapkan
elemen HTML table untuk layout halaman web
-
Menerapkan
elemen HTML frame untuk layout halaman web
-
Menerapkan
elemen HTML layer untuk layout halaman web
-
Menerapkan
link untuk berbagai fungsi pada halaman web
-
Menambahkan
obyek-obyek multimedia ke dalam halaman web
-
Menerapkan
pemrograman client side dalam halaman web
-
Merancang
form untuk menangkap masukan data (input) dari pengguna
-
Menerapkan
pemrograman client side untuk validasi masukan data
-
Menerapkan
pemrograman server side ke dalam halaman web
-
Menerapkan
pemrograman server side untuk validasi masukan data
|
-
Menjelaskan
konsep teknologi Web page
-
Menjelaskan
kebutuhan software pemrograman web
-
Membuat
struktur menu web (site map)
-
Menjelaskan
struktur dokumen HTML
-
Menjelaskan
penggunaan pemrograman dalam halaman web
-
Menjelaskan
penggunaan pemrograman di sisi client (client side) untuk menambah
interaktifitas web
-
Menjelaskan
penggunaan pemrograman di sisi server(server side) untuk mengolah data input
dari pengguna
|
10.
|
Pemodelan
Perangkat Lunak
|
|
|
-
Menerapkan
pemodelan proses (DFD)
-
Menterjemahkan
DFD ke pemodelan relasi basis data (ERD)
-
Menterjemahkan
DFD ke struktur chart diagram
-
Merancang
user interface
-
Menerapkan
use case diagram sesuai dengan kasus permasalahan
-
Menerapkan
activity diagram sesuai dengan kasus permasalahan
-
Merancang
class diagram sesuai dengan kasus permasalahan
-
Merancang
komponen diagram sesuai dengan kasus permasalahan
|
-
Menjelaskan
konsep aplikasi perangkat lunak
-
Menjelaskan
ragam arsitektur aplikasi PL
-
Mendefinisikan
kebutuhan fungsional
-
Menjelaskan
konsep pemodelan desain berorientasi obyek
-
Menjelaskan
konsep dasar UML
|
11.
|
Pemrograman
Beriorientasi Obyek
|
|
|
-
Menginstalasi bahasa pemrograman berorientasi obyek
-
Membuat class dengan
bahasa pemrograman berorientasi obyek
-
Menciptakan obyek
dalam mengoperasikan program
-
Menerapkan pengunaan
tipe data, variabel, dan operator
-
Megujicoba penggunaan
pengambilan keputusan dan pengulangan proses
-
Mengujicoba
penggunaan array
|
-
Menjelaskan
konsep pemrograman berorientasi obyek
-
Mengidentifikasi
class dan obyek
-
Memperkenalkan
aturan dasar-dasar pemrograman berorientasi obyek
-
Menjelaskan
atribut dan methode
-
Menjelaskan
konsep enkapsulasi
-
Menjelaskan
konsep pewarisan
-
Menjelaskan
konsep polimorphisme
-
Memahami
abstract, interface, nested dan inner class
-
Menjelaskan
jenis-jenis error dan penanganannya
|
12.
|
Basis data
|
|
|
-
Mengakses anggota
class melalui obyek
-
Membuat konstruktor overloading
dan akses modifier dalam melindungi data
-
Menerapkan pewarisan
dalam memecahkan permasalahan
-
Menerapkan
polimorphisme dalam memecahkan
permasalahan
-
|
-
Mengidentifikasi
struktur hirarki basis data
-
Mempersiapkan
perangkat lunak basis data
-
Menjelaskan
tahap-tahap normalisasi basis data
-
Menjelaskan
tentang Entity Relationship Diagram (ERD)
-
Menjelaskan
konsep instruksi – instruksi bahasa SQL dalam basis data
-
Menjelaskan
instruksi SQL untuk membentuk query.
-
Menjelaskan
berbagai jenis fungsi (function) dalam query.
|
13.
|
Pemrograman
Mobile
|
|
|
-
Menginstalasi perangkat lunak pendukungpemrograman mobile
-
Membuat aplikasi
dengan komponen-komponen high level user interface
-
Membuat aplikasi
grafis dengan komponen-komponen low level user interface
-
Menerapkan pengolahan
data dengan persistance
-
Melakukan koneksi
perangkat mobile dengan socket TCP IP dan HTTP
-
Membangun projek
dengan integrasi semua fitur-fitur perangkat mobile
|
-
Menjelaskanarsitektur pengembangan pemrograman mobile
-
Mengidentifikasi komponen-komponen
pemrograman mobile
-
Menjelaskan komponen
high level user interface
-
Menjelaskan komponen
low level user interface
-
Menjelaskan konsep
persistance
-
Menjelaskan
teknik koneksi jaringan dalam perangkat mobile
|
14.
|
Administrasi
Basis Data
|
|
|
-
Menerapkan
DCL dalam pengaturan pengguna basis data
-
Mengidentifikasi
file-file yang berhubungan dengan sistem basis data
-
Menggunakan
file-file parameter (paramater file) untuk mengontrol layanan basis data
-
Menerapkan
teknik startup dan shutdown basis data.
-
Menentukan
kapasitas penyimpanan data (quota) dalam DDL
-
Menerapkan
trigger untuk otomatisasi pengelolaan data
-
Menerapkan
stored procedure untuk memudahkan pengelolaan data
-
Menerapkan
profile untuk mengontrol sesi pengguna
-
Menerapkan
teknik auditing event untuk memonitor aktifitas pengguna dalam basis data
-
Menerapkan
berbagai teknik mem- backup basis data
-
Menerapkan
teknik me-restore basis data apabila terjadi kerusakan.
|
-
Menjelaskan
jenis – jenis instruksi DCL (Data Control Language) dalam basis data
-
Menjelaskan
konsep trigger dalam basis data
-
Menjelaskan
konsep stored procedure dengan PL/SQL
-
Menjelaskan
tentang profile pengguna basis data
-
Menjelaskan
teknik backup dalam basis data
-
Menjelaskan
teknik restore dalam basis data
|
15.
|
Pemrograman
Desktop
|
|
|
-
Mengujicoba
komponen-komponen event handling
-
Membuat form-form
untuk dasar aplikasi desktop
-
Membuat aplikasi
dengan data base
-
Membuat aplikasi
dengan client server
-
Membuat installer
paket aplikasi
|
-
Menjelaskan
IDE bahasa pemograman
-
Menjelaskan
konsep event handling
-
Mengidentifikasi
menu dan fungsi aplikasi
-
Menjelaskan
komponen koneksi ke database
-
Menjelaskan
sistem client-server
|
16.
|
Pemrograman
Web Dinamis
|
|
|
-
Membuat
halaman web dinamis sederhana
-
Menambahkan
fungsi-fungsi pada halaman web dinamis
-
Mempersiapkan
basis data yang akan digunakan dalam web dinamis
-
Menerapkan
pemrograman server side (PHP) untuk pengelolaan data dalam web dinamis
-
Menggunakan
pemrograman JSP untuk menghubungkan web ke basis data
-
Menerapkan
pengamanan sesi dalam pengaksesan web dinamis
-
Menampilkan
data dari web dalam format media yang dapat digunakan (PDF)
-
Mengimplementasikan
MVC dalam aplikasi web dinamis
|
-
Menjelaskan
konsep dasar web dinamis
-
Menjelaskan
konsep pembuatan halaman web dinamis
-
Menjelaskan
konsep pemrograman web dinamis
-
Menjelaskan
konsep pemrograman JSP
-
Memahami
Arsitectur MVC (Model Viwer Controller)
|
17.
|
Kerja
Proyek
|
|
|
-
Merancang proyek pembuatan aplikasi
-
Melakukan identifikasi kebutuhan proyek pembuatan
produk aplikasi
-
Membuat estimasi sumber daya dan aktivitas
-
Membuat estimasi anggaran biaya
-
Membuat proposal penawaran
-
Mengimplementasikan proyek pembuatan aplikasi
-
Melakukan evaluasi jalannya proyek
-
Membuat laporan pelaksanaan proyek
|
-
Memahami
syarat-syarat proyek
- Memahami cara
melakukan estimasi sumberdaya dan durasi aktivitas sebuah proyek
-
Memahami estimasi penganggaran dan pengendalian biaya
|